Kanker Tulang, Gejala dan Pengobatannya <<>> Kanker Tulang, jarang rasanya ditelinga kita tentang kanker tulang. Tentu sebelumnya teman-teman sudah tahu fungsi tulang dalam tubuh kita. Tulang pada manusia selain menyusun rangka, juga mempunyai fungsi lain, yaitu: Memberi bentuk tubuh, Melindungi alat tubuh yang vital, Menahan dan menegakkan tubuh, Tempat perlekatan otot, Tempat menyimpan mineral terutama kalsium dan posfor, Tempat pembentukan sel darah, Tempat penyimpan energy, yaitu berupa lemak yang ada di sumsum kuning. Kanker tulang adalah salah satu jenis penyakit tulang yang juga sering disebut sebagai tumor tulang. Seperti halnya kanker yang lain, penyebab kanker tulang adalah karena adanya gangguan sel-sel dari tulang tersebut. Sel-sel kanker ini tidak langsung terbentuk. Ada proses sehingga menjadi sebuah kanker yang sel-selnya terus berkembang hingga menyerang dan menguasai semua struktur pembangunan tulang. Kanker tulang tidak sama dengan Osteoporosis. Osteoporosis hanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia, sedangkan kanker tulang umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Namun ada juga orang dewasa yang terkena kanker tulang, terutama yang memiliki penyakit tertentu.

Jenis kanker tulang

Di dunia ini ada dua jenis kanker tulang, yakni:

1. Kanker tulang sekunder atau kanker tulang metastatik. Kanker tulang jenis ini adalah kanker yang disebabkan oleh penyakit kanker yang lain. Penyakit kanker ini sebelumnya sudah ada di dalam tubuh manusia dan ketika menyebar lalu menyerang tulang. Kanker lain yang menyebabkan kanker tulang paling sering adalah kanker hati dan kanker payudara. 

2. Kanker tulang primer yakni kanker yang berasal dari dalam tulang itu sendiri yang mengalami malfungsi sel atau sel yang tumbuh tak terkendali. Beberapa hal yang termasuk dalam kanker tulang primer adalah meiloma multipel, fobrosarkoma, osteosarkoma, kondrosarkoma, histiostoma fobrosa dan linfoma tulang maligna.

Gejala Kanker Tulang

Kita perlu mengenal mengenai gejala-gejala penyakit kanker tulang. Hal ini berguna untuk mengenali lebih cepat jika anda atau seorang keluarga anda terkena penyakit kanker tulang. Gejala-gejala yang terindikasi kanker tulang terdiri dari beberapa fase, yakni antara lain:

1. Fase rasa sakit

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh kanker tulang pada umumnya terjadi pada bagian leher, lengan atau punggung. Namun rasa sakit ini bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya. Rasa sakit karena kanker tulang ini terasa ada di dalam tulang dan sakitnya terus menerus. Hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas penderita. Perkembangan rasa sakit terjadi pada bagian tulang yang tidak normal, biasanya pada bagian sebelah belakang dari bagian yang disebutkan diatas. Namun jika sudah menekan saraf, maka sakitnya akan berdifusi keluar dan terasa menjalar ke bagian tubuh yang lain seperti tangan kaki dan lain-lain.

2. Badan lama kelamaan melemah

Melemahnya tubuh manusia yang terkena kanker tulang terjadi karena gangguan impuls tulang belakang. Penderita akan menjadi lemas dan lemah. Peradangan besar dapat menyebabkan kerja otak tidak sinkron dengan anggota gerak. Hal ini dapat tampak pada penderita yang tidak mampu berjalan atau meraih sesuatu.

3. Kepekaan sentuhan semakin berkurang

Sumsung tulang belakang adalah bagian sistem saraf pusat. Jika bagian ini mengalami peradangan maka dapat mengakibatkan kepekaan terhadap sentuhan menjadi berkurang, bahkan hilang. Salah satu akibatnya, mungkin seorang penderita bisa tidak merasakan apapun ketika tangannya terbakar atau menggenggam es.

4. Terjadi Inkontinensia

Gejala inkontinensia disebabkan oleh hal yang sama dengan gejala tubuh yang melemah. Namun inkontinensia menyebabkan lemahnya kontrol kandung kemih dan usus, terutama usus besar dan rektum. Ini menyebabkan penderita kanker tulang dapat buang air tanpa terasa, baik buang air kecil maupun air besar.

5. Terjadi kelumpuhan

Kanker tulang pada akhirnya akan menyebabkan kelumpuhan. Namun sebelum terjadi kelumpuhan, dapat diantisipasi, namun tergantung dari seberapa parah penyakitnya.

Pengobatan Kanker Tulang

Ada tiga bentuk standar pengobatan kanker tulang primer: pembedahan, terapi radiasi dan kemoterapi. Adakalanya dibutuhkan kombinasi terapi dari ketiganya. Pengobatan sangat tergantung pada jenis kankernya, tingkat penyebaran atau bermetastasis dan faktor kesehatan lainnya.

1), Pembedahan 

Kanker tulang umumnya diterapi dengan pembedahan. Pembedahan dilakukan pada kanker yang belum menyebar dan mengangkat jaringan kanker dan jaringan yang ada disekitarnya. Beberapa tumor mungkin masih memerlukan kemoterapi atau radiasi selain pembedahan.

2), Terapi Radiasi

Terapi radiasi menggunakan energi radiasi tertentu untuk mengecilkan tumor atau menghilangkan sel kanker. Terapi radiasi bekerja dengan merusak DNA sel, sehingga sel tidak mampu berkembang. Meskipun terapi radiasi dapat merusak sel sehat yang ada disekitarnya, sel kanker lebih sensitif terhadap radiasi dan akan mati saat diradiasi. sel sehat disekitarnya akan rusak karena radiasi, namun mereka akan segera pulih.

3), Kemoterapi

Kemoterapi sering diberikan untuk pengobatan kanker tulang. Obat kemoterapi bekerja dengan menghilangkan sel-sel yang memiliki kecepatan dalam membelah diri, seperti sel kanker. Namun, ada beberapa jenis sel normal yang juga memiliki sifat cepat membelah diri seperti sel rambut. Sehingga kadangkala kemoterapi menyebabkan kerontokan rambut.

 
Semoga dalam hidup kita terhindar dari kanker tulang, amiin. Semoga Postingan ini yang berjudul Kanker Tulang, Gejala dan Pengobatannya  berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

0 komentar